Mengenal Bentuk Optimasi Paling Dasar

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah proses yang cukup kompleks. Meski demikian, SEO tidak akan pernah lepas dari 2 bentuk paling dasar yakni optimasi onpage dan optimasi off page. Jika anda sudah lama berkecimpung dalam bidang ini, tentu hal ini sudah sangat anda pahami. Oleh karenanya, artikel ini tidak dibuat untuk pembaca sekelas anda. Namun, tulisan ini lebih diperuntukkan bagi siapa saja yang memang masih awam dalam ranah optimasi.

1. Optimasi Onpage

Jenis optimasi ini dalam bahasa sederhana bisa dijelaskan sebagai sebuah bentuk optimasi yang terfokus kedalam internal website. Oleh karenanya, ini hanya akan mencakup pada beberapa hal seperti desain website, pemilihan judul, teknik penulisan dan lain sebagainya. Meski demikian, optimasi ini memiliki andil yang cukup besar dalam proses optimasi. Sebuah situs yang terkelola dengan baik sisi internalnya, akan lebih mudah untuk dioptimasi. Sedangkan situs yang memiliki sisi internal buruk, akan lebih sulit meski pada kondisi tertentu tetap bisa leading di halaman pertama.

2. Optimasi Offpage

Jenis optimasi ini menitikberatkan pada optimasi eksternal. Artinya, segala sesuatu yang bisa digunakan untuk promosi diluar web itu sendiri bisa dianggap sebagai sebuah optimasi offpage. Ini bisa mencakup banyak hal. Seperti penggunaan social media, press release, signature forum, blog comment dan seterusnya. Bahkan, di era mobile web seperti sekarang ini, berbagai grup chat pun bisa digunakan sebagai alat promosi. Memang, dalam kasus ini ranking tidak akan serta merta naik begitu saja. Namun, seiring dengan bertambahnya pengunjung serta naiknya popularitas web, pergerakan rank akan cukup terbantu.

Sebenarnya, sebuah optimasi memang hanya mencakup 2 hal pokok diatas. Namun, tanpa pengetahuan dan pengalaman yang memadai, hasilnya bisa jadi justru sebaliknya. Oleh karena itu, gunakan jasa SEO yang handal jika anda belum mampu melakukannya sendiri.

No Comments Yet.

Leave a comment