Jalur Roda 2 Dari Malang Menuju Kampung Inggris Kediri

Abadi mengatakan bahwa pihaknya juga khawatir setelah menteri transportasi menurunkan TBA, dan maskapai juga akan merespons dengan menutup rute penerbangan yang dianggap tidak menguntungkan atau setidaknya mengurangi jumlah frekuensi penerbangan. Oleh karena itu, YLKI telah mengimbau kepada Kementerian Perhubungan untuk melakukan evaluasi rutin terhadap formulasi TBA, karena selama tiga tahun terakhir, sejak 2016, formulasi TBA dan TBB tidak pernah dinilai.

Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah, melalui Kantor Tanaman Pangan dan Hortikultura di daerah tersebut, akan membudidayakan bawang putih untuk memenuhi permintaan pasar lokal yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Kepala Kantor Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Tengah Trie Iriany Lamakampali mengatakan di Palu pada hari Selasa bahwa program budidaya bawang putih dari Departemen Pertanian sedang diterapkan di semua daerah, termasuk Sulawesi Tengah.

Jalur Roda 2 Dari Malang Menuju Kampung Inggris Kediri - Namun, Lamakampali mencatat bahwa tidak semua daerah di Sulawesi Tengah cocok untuk budidaya bawang putih. "Bawang merah bisa ditanam di hampir semua daerah di Sulawesi Tengah," tandasnya. Lamakampali mengungkapkan bahwa pada 2019, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah telah menetapkan target untuk menumbuhkan bawang putih di 550 hektar yang mencakup kabupaten Poso, Parigi Moutong, Donggala, dan Sigi di provinsi tersebut.

Dia mengklaim bahwa hanya beberapa petani yang membudidayakan bawang putih di Sulawesi Tengah di beberapa daerah, termasuk Sigi, salah satu daerah yang telah menjadi pusat pengembangan tanaman hortikultura. Sama halnya dengan program kampung inggris pare kediri jawa timur. Ya, area penanaman yang ada hanya mencapai sekitar 145 hektar," katanya. Lamakampali memperhatikan fakta bahwa tanah dan kondisi iklim tertentu merupakan prasyarat untuk menanam bawang putih dan juga menyoroti pentingnya pemeliharaan yang tepat dan benar.

Permintaan bawang putih di Sulawesi Tengah sangat bergantung pada komoditas bawang putih impor dari Cina dan Thailand. Apalagi komoditas yang dijual di pasaran saat ini adalah varietas impor.

Bawang putih adalah salah satu komoditas makanan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan harganya telah melonjak sebelum bulan Ramadhan. Selain itu, saat memasuki bulan suci Ramadhan, harga bawang putih di tingkat ritel cenderung naik terus dan merupakan masalah yang memprihatinkan.

Bawang putih saat ini dihargai di pasaran dengan harga Rp80 ribu per kilogram (kg), dari hanya sekitar Rp25 ribu per kg. Selain bawang putih, harga bawang merah juga telah naik dan dijual oleh pedagang dengan harga sekitar Rp50 ribu per kg.

Bahkan, beberapa daerah, termasuk kabupaten Poso dan Sigi, adalah pusat produksi bawang merah. Namun, faktanya adalah bahwa stok yang dihasilkan oleh petani lokal telah berkurang, sementara permintaan masyarakat telah meningkat.

Pedagang di Palu tidak punya pilihan selain membawa bawang dari luar daerah, seperti Enrekang dan Pare-Pare di Provinsi Sulawesi Selatan.

Ekonom Candra Fajri Ananda dari Universitas Brawijaya (Unibraw) yang berbasis di Malang telah secara terbuka mendukung upaya tekad pemerintah Indonesia untuk membuka akses ke pasar Amerika Selatan untuk mengurangi ketergantungan pada pasar ekspor tradisional.

"Indonesia saat ini bergantung pada pasar klasik, termasuk Amerika Serikat dan China. Dengan demikian, memperluas pasar (ekspor) dianggap signifikan," kata Ananda dalam pernyataan tertulis yang dirilis pada hari Selasa.

No Comments Yet.

Leave a comment